Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Monday, October 23, 2023

Berlatih Demokrasi, Siswa MAN 3 Majalengkan adakan Pemilihan Ketua OSIS ala PEMILU

 

Sebagai proses pembelajaran dan pendidikan politik di kalangan siswa-siswi MAN 3 Majalengka, baru baru ini telah diselenggarakan pemilihan ketua OSIS masa bhakti 2023/2024. Kegiatan ini berupaya mengenalkan siswa tentang  cara menggunakan hak pilih yang tepat dengan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, yang dikemas layaknya pemilihan umum.

Adapun pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang ikut dalam kontestasi pemilihan OSIS tahun ini adalah pasangan Maliq dan Ismatun, pasangan Sela dan Zalfa dan pasangan Fadhli dan Swastika.  Para kandidat diberikan kesempatan untuk berorasi menyampaikan visi misinya dihadapan ratusan pelajar lainnya, sebelum melakukan pencoblosan surat suara. Tata letak dibuat semirip mungkin dengan konsep pemilihan umum, seperti adanya bilik suara hingga tinta tempat mencelupkan jari, sehingga kesan pemungutan suara lebih terasa.

Ketua Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bidang demoktrasi MAN 3 Majalengka, Junaedi. S.Pd menyampaikan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dikemas layaknya pemilu ini bagi siswa sebagai calon pemilih pemula, mengandung nilai edukasi agar mereka lebih siap menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung.

“Seluruh dewan guru, staf TU dan siswa-siswi menggunakan hak pilihnya pada hari ini. Semoga setelah pembelajaran ini, tidak ada anak-anak yang golput saat pemungutan suara pada Pilpres 14 Februari 2024 mendatang,” Pesan Junaedi atau yang akrab dipanggil Pa Jun ini menuturkan saat mendampingi anak didiknya, melakukan pemungutan suara pada pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di Lapangan MAN 3 Majalengka, Rabu (18/10/2023).

Setelah dilakukan penghitungan suara, pasangan calon 1 Malik Ali Zidan dan Ismatun Nafsi memperoleh 177 suara, pasangan 2 Sela Maratus Sholihah dan Zalfa Jaulian memperoleh 195 suara dan pasangan 3 Muhammad Fadhli Ashidqi dan Swastika Dwi Utami mendapatkan 127 suara. Dengan demikian Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang baru hasil pemilihan tahun ini  adalah Sela Maratus Sholihah dan Zalfa Jaulian.

By Agus Jamaluddin.





No comments:

Post a Comment