Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Tuesday, January 23, 2024

MAN 3 Majalengka Luncurkan Gerakan Literasi Madrasah

 

Jatiwangi Humas, Alhamdulillah dalam rangka menciptakan budaya berfikir, membaca dan menuangkan ide gagasan, baru -baru telah diluncurkan Gerakan Literasi Madrasah (GLM) MAN 3 Majalengka.  Dalam acara sosialisasi gerakan literasi madrasah, Kepala MAN 3 Majalengka, Hj. Ela NUrlaela, M.Pd mengungkapkan bahwa literasi meupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut, beliau mendorong berbagai pihak dari mulai tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik agar bersinergi melaksanakan program tersebut.

Adapun program gerakan literasi yang akan dilaksanakam di MAN 3 Majalengka meliputi pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Dalam Tahap pembiasakan, peserta didik dibiasakan untuk membaca buku nonpelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan pembiasaan ini diharapkan bisa menciptakan budaya baca sehingga menunjang peserta didik dalam mencapai kompetensi belajarnya. Selain kegiatan tersebut peserta didik dijadwalkan adanya kunjung wajib baca di perpustakaan sehingga peserta didik bisa memanfaatkan perpustakaan untuk menumbuhkan kegemaran membaca.

Sebagai tahap pengembangan akan dilaksanakan kegiatan pengelolaan pojok baca, pemilihan duta literasi, tantangan membaca dan pembentukan klub pecinta buku. Selanjutnya dalam tahap pembelajaran, peserta didik diarahkan untuk membuat mading kelas, pekan literasi dan klub literasi jangka Panjang. Gerakan ini diharapkan memberikan pengaruh budaya yang sangat kuat terhadap perkembangan literasi peserta didik sehingga bermanfaat dalam kehidupannya.

Kontributor : Heni Supartini. SS






No comments:

Post a Comment