Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Tuesday, January 16, 2024

Literasi Madrasah

Gambar 1. Diskusi
       

Bergabung dengan Writer Club Mantika untuk bersama-sama menciptakan ekosistem literasi dan pendidikan yang berkemajuan di lingkungan madrasah.




Lilis Juwita, S.Kom guru mata pelajaran Informatika MAN 3 Majalengka selain aktif sebagai Penulis Buku Ajar Informatika bersama Penerbit Andi, Ia juga aktif sebagai Penyala setelah bergabung dengan Nyalanesia menjadi Penggerak Literasi Daerah.

Program kerja yang dilakukan adalah membentuk sebuah komunitas literasi di lingkungan MAN 3 Majalengka sejak tahun 2021 yang diberi nama Writer Club Mantika. Kegiatan yang dilaksanakan Writer Club Mantika disesuaikan dengan minat dan kemampuan peserta didik yaitu:

Gambar 2. Presentasi Karya
  1. Membaca puisi
  2. Monolog
  3. Diskusi
  4. Menulis puisi
  5. Menulis artikel
  6. Menulis cerpen
  7. Menulis makalah



Gambar 3. Menulis

Tahun pelajaran 2023-2024 menambahkan program baru yaitu menerbitkan dan mempublikasikan karya tulis peserta didik yang dibimbing melalui mata pelajaran lain yang diampunya yaitu mata pelajaran Riset Humaniora. Kegiatan ini bermuara dengan menerbitkan karya berupa buku.


Serangkaian program tersebut mengantarkan Lilis Juwita, S.Kom sebagai Kandidat Penggerak Literasi Nasional di tahun 2023. Agenda rutin adalah membersamai Writer Club Mantika mengikuti beberapa lomba yang dilaksanakan secara Online dan Offline.

Gambar 4. Lomba

Suatu kebanggaan ketika peserta didik berhasil mengukir prestasi di bidang literasi 5 siswa terbaik yang berprestasi di bidang cipta puisi, membaca puisi dan monolog mewakili MAN 3 Majalengka berhasil membawa pulang dua buah piala atas nama Ridho Satya Rezky sebagai Juara 1 Cipta Puisi Instan, dan Namira Hilwa Az-Zahra Juara 2 Monolog pada event Bulan Bahasa yang diselenggarakan oleh Himabahasa STKIP YASIKA Majalengka tgl 21-22 Nov 2023.

Gambar 5. Literasi Digital


Bersama Writer Club Mantika mengembangkan literasi madrasah dengan  membentuk sebuah ekosistem yang didukung oleh teknologi terintegrasi, yang didesain untuk mampu menciptakan akselerasi bagi tercapainya segenap harap dan visi.


Pengembangan selanjutnya akan mengolaborasikan literasi dengan mata pelajaran Informatika sejalan dengan literasi digital yang mengusung empat pilarnya yaitu cakap digital, aman digital, budaya digital, dan etika digital untuk membentuk masyarakat digital di lingkungan MAN 3 Majalengka.

No comments:

Post a Comment