Pusat Informasi dan Publikasi MAN 3 Majalengka

Profil


Visi Madrasah

“Terbentuknya generasi muda Islami yang unggul dan berdaya saing dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Keterampilan pada tahun 2024.” 

Visi tersebut bertujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah.

Adapun indikator dari visi tersebut adalah:

Peserta didik MAN 3 Majalengka menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan untuk meningkatkan kecerdasan intelektualnya, serta mampu mempraktikkan/mengamalkannya demi kebaikan dirinya dan kemaslahatan masyarakatnya.

Peserta didik menguasai ilmu dan mengamalkannya didasarkan pada keikhlasan, ketakwaan serta kepatuhan menjalankan segala peraturan yang berlaku, baik peraturan agama maupun peraturan kenegaraan/pemerintah.

Peserta didik mengamalkan nilai – nilai ibadah (keagamaan), nilai norma dan budaya kebersamaan, toleransi dan sikap moderat serta ikut mengembangkan seni Indonesia untuk meneguhkan kesatuan dan persatuan bangsa.

Peserta didik menyiapkan kemampuan bersaing dengan warga dunia lainnya untuk mencapai kesejahteraan, karena kompetisi kehidupan tidak terbatas pada wilayah daerah atau negara saja, tapi juga dunia.

MAN 3 Majalengka telah mampu meletakkan dasar-dasar kegiatan/proses untuk mencapai target yang diinginkan dalam rentang waktu 3 tahun kedepan (2021 – 2024).


Misi Madrasah

Untuk mengimplementasikan Visi yang telah ditetapkan, maka Misi Madrasah Aliyah Negeri  3 Majalengka adalah:

  1. Untuk memberi arah dalam mewujudkan visi madrasah dan  merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu, maka Madrasah memiliki misi yang dirumuskan sebagai berikut:
  2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran baik teori maupun praktik.
  3. Mengembangkan dan mempraktikkan nilai-nilai keislaman.
  4.  Mengembangkan dan mempraktikkan nilai-nilai budaya Nusantara (kebersamaan, toleransi dan  moderat), termasuk dalam bidang kesenian.
  5. Mematuhi dan melaksanakan peraturan madrasah.
  6. Meng-update pengetahuan untuk harmonisasi pola hidup, baik lingkup lokal, regional, maupun global.
  7. Meningkatkan kesejahteran secara holistik.